Kades Tangai Sofian Halik: Peran Serta Masyarakat Dalam Musrenbangdes Membuat Perkembangan Pembangunan Desa Tangai Semakin Maju - AGUNG POST NEWS

29 Agustus 2020

Kades Tangai Sofian Halik: Peran Serta Masyarakat Dalam Musrenbangdes Membuat Perkembangan Pembangunan Desa Tangai Semakin Maju



Rambang Kuang,  "ap-news" Online. 
TUGAS Kepala Desa secara eksplisit berdasarkan UU Nomor.  6 Tahun 2014. Psl 26 Ayat 1. Mengatur empat tugas utama yaitu : Menyelenggarakan dan melaksanakan pemerintahan desa, pembangunan desa,  pembinaan masyarakat desa, dan memberdayakan masyarakat desa.  Dalam Kaitan ini Camat adalah, Pembina Pembimbing Pengawas Administrasi dan Penyelenggara pemerintahaan desa / kelurahan, dan memfasilitasi konsultasi. Camat Rambang Kuang, Mulyadi SPd MM mengatakan, sebagai abdi negara dan kepala wilayah kecamatan, saya sebagai pengayom, harus tegas dalam melihat serta menanggapi berbagai program dan masalah yang dihadapi. Prinsip tegas, ketika ada kesalahan yang disengaja. Artinya, lihat sop ataupun tupoksinya dalam setiap bertugas. Kebijaksanaan harus lewat petunjuk pimpinan biar tidak kebablasan,  tandasnya. Berikut laporan investigasi, Awin SP wartawan "ap-news" dari Desa Tangai yang dikemas dalam bentuk tulisan sebagai berikut.
DESA Tangai, Kecamatan Rambangkuang, Ogan Ilir,  Sumsel, terletak di kawasan perbatasan Kabupaten Muaraenim, Sumsel. Merupakan salah satu desa dan Kecamatan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena wilayah Desa Tangai terdapat dua perusahaan besar 
bergerak dibidang perminyakan dan perkebunan (sawit) yaitu, PT Pertamina dan PT BSP. Desa Tangai mempunyai luas wilayah 21,76 km persegi. Demikian penjelasan, Kades Sofian Halik, saat membuka perbincanganya dengan Tim “ap-news” Online. Kamis pagi menjelang siang (27-08) dikediamannya.
Bapak dari dua orang anak laki laki perempuan dan Beristrikan Siti Aisyah (42) ini, menerangkan, jumlah penduduk Desa Tangai sebanyak 793 jiwa, 192 KK, dan memiliki mata pilih 523 orang. Sedangkan jajaran Pemerintahan Desa terstruktur sebagai berikut : Kades dilantik tahun 2016 lalu, bertindak sebagai pengelola dan bertanggung jawab dibidang administrasi adalah Sekretaris Desa, tercatat ada Kepala Seksi  Pemerintahan, Kepala Seksi Kesejahteraan,  Kepala Seksi Pelayanan, dan Kepala Urusan Keuangan, Kepala Urusan Tata Usaha/Umum, Kepala Urusan perencanaan, dan Kadus I, Kadus II. Adapun lembaga desa yaitu, PKK , IV Rt, Adat, Lpm, Kmpd, Kpml, Linmas, Kerohanian, P2UKD, Karang Taruna, Operator desa, Tutor Paud, Pengurus Diniyah dan BPD, untuk peribadatan dan pendidikan, Sarana Peribadatan Masjid dan Musholah. Sarana Pendidikan PAUD,  Madrasah Diniyah, SDN12, dan Sarana Umum yaitu, Balai Desa.
Lebih lanjut Sofian Halik menjelaskan, untuk hal anggaran ADD dan DD, tetap berdasarkan juknis yang ada, melalui Musrenbangdes mengundang pihak Kecamatan, pendamping, dan lapisan masyarakat, kegiatan ini guna bermusyawarah menampung usulan masyarakat, apa saja dan mana yang lebih diprioritaskan untuk anggaran pada tahun jamak yang akan dihadapi.
Alhamdulillah hasil dari Musrenbangdes selama ini sudah banyak pembangunan fisik non fisik terealisasi.Termasuk sarana olah raga dan sarana umum seperti, Lapangan Voli, Jalan, Siring, Kantor Desa, MCK, ATK, kelengkapan administrasi, serta pemberdayaan, termasuk  pembangunan dari dana APBD Pemkab Ogan Ilir berupa, tembok penahan tanah (TPT), peningkatan jalan melalui pengerasan, pagar sekolah, dan di tahun ini sedang direalisasi penambahan lokal sekolah serta lanjutan peningkatan TPT. Sebagai Pemimpin Pemerintahan Desa / Kades, saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemkab Ogan Ilir, tutur Sofian Halik serius. 
Kedepan harap Kades,  kita mengajak seluruh lapisan masyarakat, bahu membahu bekerja sama, bergotong-royong, dengan penuh rasa memiliki dan bersatu padu serta dapat berpartisipasi termasuk generasi muda,  Karang Taruna, harus lebih berinovasi, bersama-sama menjaga kebersihan, ketentraman untuk kemajuan perkembangan desa kita tercinta ini, harap Sofian Halik seraya menutup keterangannya. (win/ “ap-news”).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda