Bupati OI H Ilyas P Alam Bertindak Sebagai Inspektur Upacara HUTRI Ke-75 Di Pemda Ogan Ilir - AGUNG POST NEWS

18 Agustus 2020

Bupati OI H Ilyas P Alam Bertindak Sebagai Inspektur Upacara HUTRI Ke-75 Di Pemda Ogan Ilir


Ogan Ilir, "ap-news" Online
PEMKAB Ogan Ilir melaksanakan Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke-75 Di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Terpadu, Tanjung Senai Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Senin (17-8) pagi. Upacara berlangsung tertib dan khidmat dengan Inspektur Upacara Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam SE SH MM.
Bupati Ogan Ilir dalam pengarahannya mengatakan, Upacara peringatan HUT kemerdekaan tahun ini dengan tema "Indonesia Maju." 
Berbeda dengan tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan meriah dengan banyak peserta upacara dan tamu undangan ditambah agenda menyemarakkan peringatan ini namun karena kondisi Pandemi Covid 19 semua itu tidak dilaksanakan dan dengan undangan terbatas. Akan tetapi walau demikian kita laksanakan dengan khusuk dan khidmat tanpa mengurangi esensi dari peringatan itu sendiri, katanya.
Upacara berjalan lancar sesuai dengan tertib acara. Bupati Ogan Ilir tampil membacakan teks  proklamasi kemerdekaan RI sedangkan Ketua DPRD Ogan Ilir, Suharto HS, didaulat membacakan Teks UUD 1945. Sedangkan pengibaran Sangsaka Merah Putih sukses dilaksanakan pasukan Paskibraka Ogan Ilir.
Ada sesuatu yang menarik dari pelaksanaan upacara peringatan HUT RI kali ini selain adanya terbang layang yang mengitari selama upacar berlangsung , upacara kali ini dipimpin oleh komandan upacara perempuan, AKP Desi Arisandi. Seorang polwan perwira pertama tingkat tiga yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Ogan Ilir.
Upacara tahunan dalam rangka HUT RI ke-75 Pemkab OI dilaksanakan dengan protokol kesehatan, wajib memakai masker dan menjaga jarak yang diikuti unsur Forkopimda dan stakeholder Pemkab Ogan Ilir diantaranya Sekda OI, H Herman, dan Kepala Lapas, Ramdani Boy. Hadir juga Kapolres Ogan Ilir bersama KajariOI, Adi Tyogunawan SH MH, serta Komandan Kodim 0402 OI/OKI, Letkol Czi  Zamroni Ssos. Turut hadir Ketua TP PKK OI, Hj Melly Mustika SE MM, yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumsel, anggota TNI Polri serta awak media cetak maupun elektronik ikut menyaksikan jalannya acara ini.
Setelah itu mengikuti prosesi jalannya upacara detik-detik proklamasi secara virtual di Jakarta. Sebelumnya dilaksanakan acara pemberian hadiah dan piala kajari OI untuk siswa SMP dan SMA sederajat sebagai juara lomba mahir Bahasa Inggris dalam rangka HUT RI ke-75.
Menurut Adi Tyogunawan saat ditemui wartawan media ini berkaitan dengan acara pemberian hadiah, orang nomor satu dikajari OI mengatakan segala urusan yang baik harus disegerakan ini berkaitan dengan potongan kalimat dalam teks proklamasi .."dalam tempo yang sesingkat singkatnya,"kemudian lanjut Adi Tyogunawan, dalam teks UUD 1945 ada kalimat mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu cita cita kemerdekaan karena itulah kami Kajari Ogan Ilir melaksanakan ini dan untuk selanjutnya Kajari OI akan terus besinergi dengan beberapa stakeholder diantaranya Universitas Sriwijaya (Unsri). Diknas OI dan LPMP untuk memberikan apresiasi untuk anak berprestasi di kabupaten ini, katanya.
Kajari menjelaskan untuk hadiah pemenang lomba kali ini selain piala kajari OI juga memberikan   hadiah untuk juara I laptop untuk tiap tingkatan  dan diberikan sebuah kamus untuk semua juara sebagai sarana pendukung kemampuan berbahasa inggris.
Menanggapi hal itu Bupati Ogan Ilir menyatakan sangat mendukung kegiatan seperti ini dan merencanakan untuk dijadikan agenda tahunan  Pemkab Ogan Ilir . "Mari  kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik, untuk Indonesia Maju," pungkasnya. (van/ap-news).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda