PLT Kakanwil Sumsel Berbagi Tips Jadi Pemimpin Sukses - AGUNG POST NEWS

19 Agustus 2020

PLT Kakanwil Sumsel Berbagi Tips Jadi Pemimpin Sukses


Kemenag Sumsel, "ap-news" Online

SETIAP Pemimpin, termasuk kepala madrasah mesti mampu menyikapi kondisi darurat kesehatan yang kini menimpa bangsa Indonesia secara cerdas. Para kepala madrasah harus bisa merancang program yang tepat sebagai langkah kebijakan di madrasah masing-masing. 
Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, H Abadil SAg MSi, saat memberi arahan kepada 77 kepala madrasah se-Sumsel pada Sosialisasi Penerapan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 sekaligus pemilihan pengurus Musyawarah Kelompok Kepala Madrasah (MKKM) Sumsel, di Aula MAN 3 Palembang, Rabu (19-8).
“Kehidupan ini penuh dengan simbol dan makna. Kita harus cerdas membaca dan mengekspresiasikan diri dengan simbol-simbol yang ada. Seperti komunikasi melalui media sosial dan didukung teknologi handphone yang canggih. Kita cukup menggunakan simbol tertentu untuk mengekspresikan sesuatu yang kita lihat dan baca, dan itu sudah membuat orang lain mengerti maksudnya,” ujar Abadil. 
Abadil yang datang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Drs H Khusrin MSi, dan Kasubbag Humas, Dr H Saefudin MSi, menyampaikan, tiga kunci sukses dalam memimpin. Tiga poin tersebut yaitu memahami regulasi administrasi, cerdas berkomunikasi, dan mampu berinovasi.
“Saat pandemi Covid-19 ini, warga sekolah mengalami dilema. Kepala madrasah harus memahami beberapa regulasi untuk masa ini, seperti kebijakan sekolah tatap muka, kurikulum darurat dan lain sebagainya. Selanjutnya kepala madrasah harus pintar-pintar melakukan komunikasi kepada masyarakat sehingga tidak terjadi miskomunikasi atau bahkan menyebabkan orang ber-suudzon. Jangankan dengan manusia, komunikasi kepada Allah SWT lewat doa saja harus memiliki ilmu dan beretika,” bebernya.
Lebih lanjut Abadil berharap, inovasi di setiap madrasah harus terus dikembangkan. Apalagi madrasah saat ini sudah menjadi idola. Dia juga mengingatkan, salah satu amanah Gubernur Sumsel untuk madrasah adalah agar mempertahankan program rumah tahfiz. “Mari kita bekerja dan mempertahankan yang sudah baik. Gubernur meminta Kementerian Agama untuk melanjutkan dan mengembangkan program rumah tahfiz di madrasah yang selama ini telah dijalankan,” ajak Abadil. (ma/sae/"ap-news).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda