Program KKN Tematek Unsri : Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin Rendah Sodium Akan Meningkat Gizi Dan Perekonomian Masyarakat Sejaro Saksi - AGUNG POST NEWS

08 Desember 2020

Program KKN Tematek Unsri : Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin Rendah Sodium Akan Meningkat Gizi Dan Perekonomian Masyarakat Sejaro Saksi


Oleh : DR. Meisji Liana Sari, S.Pt, M.SI,  DR. Sofia Sandi., S.PT, M.SI, Dyah Wahyuni, S.PT, M.SC.

Ogan Ilir, "ap-news" Online. 

DESA Sejaro Sakti merupakan daerah yang potensi untuk budidaya ternak itik,  hal ini memungkinan produk yang dihasilkan dari budidaya tersebut yaitu berupa telur juga bisa meningkat. Kegiatan pengabdian  yang akan dilaksanakan di desa Sejaro Sakti kecamatan Indralaya kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Peningkatan produksi hasil peternakan  berdampak kepada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga petani/peternak. 


Kedua aspek tersebut akan menunjang terwujudnya masyarakat desa yang swasembada pangan atau desa berkedaulatan pangan. Salah satu bentuk  Kepedulian Unsri terhadap kemajuan desa tersebut yaitu, dengan pengabdian masyarakat program KKN tematik. Program ini merupakan program strategis jangka panjang yang melibatkan Unsri. Dosen unsri terdiri dari Dr. Meisji Liana Sari., S.Pt., M.Si, Dr. Sofia Sandi, S.Pt., M.Si dan Dyah Wahyuni, S.Pt., M.Sc dan dibantu oleh enam orang mahasiswa yaitu, Febriandi, Dicky Kurnia Wijaya, Rizki Mentari Putri, Waliyah, Farah Hafizhah Siregar, Nur Azizah , Rosa Ustiani, dam Rupaidah. 

Pada kegiatan ini melibatkan  kelompok masyarakat sebagai subjek program. Adapun salah satu materi penyuluhan dan demontrasi meliputi pembuatan telur asin yang rendah sodium. Penyuluhan disampaikan oleh dosen dengan peserta yang hadir dalam acara  tersebut sebanyak 15-20 orang. Selama kegiatan  penyuluhan disampaikan oleh mahasiswa yang diketuai oleh Febriandi. Saudara Febriandi ini telah berkecimpung di dunia telur asin lebih kurang tiga tahun. 
Semenjak menjadi mahasiswa Unsri PS Peternakan semenjak semester III dia mendapatkan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PMW) selama dua tahun berturut turut.  Kegiatan PMW nya berupa pembuatan telur asin inovasi.  Beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan gizi  dan ekonomi  masyarakat melalui pelatihan pembuatan telur asin rendah sodium di desaSejaro Sakti. 

Adapun penyuluhan dan demonstarsi dilakukan untuk meningkatkan gizi pada masyarakat  desa Sejaro Sakti adalah memberikan pengetahuan tentang tingginya nilai gizi telur dan telur asin terutama kandungan protein untuk mencukupi gizi balita, anak-anak, orang dewasa dan juga lansia. Pengetahuan diberikan melalui penyuluhan dan liflet yang diberikan. Konsumsi telur asin sangat cocok sebagai cemilan ataupun lauk untuk makan nasi. Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang khasiat telur asin, diantaranya: mengawetkan telur, membuang rasa amis, obat diare/sakit perut dan maag serta menciptakan rasa khas dan gurih pada telur asin.



Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat,  mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini  untuk meningkatkan gizi dan ekonomi masyarakat melalui peningkatan minat konsumsi telur asin rendah sodium. 

Dalam kegiatan ini metode yang digunakan  adalah sosialiasasi dan penyuluhan, pelatihan  dan demontrasi pembuatan telur asin  dan pembinaan. Penyuluhan ini cukup berhasil,  walaupun  dari jumlah beserta hanya 15 orang akan tetapi jumlah pertanyaan yang muncul selama diskusi cukup banyak.  Pada peserta sangat antusius  dengan penyuluhan  yang dilakukan oleh tim pengabdian. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah telur asin sangat potensial dikembangkan untuk meningkatkan kebutuhan gizi dan ekonomi masyarakat Desa Sarang lang.*****

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda